Kelas adalah sebuah ruangan buat belajar

27 April 2009

Ping Services Blog

Tulisan kali ini diperuntukkan bagi yang belum tahu saja atau bagi yang sudah tahu and sudah master yang mau mengingat-ingat tentang ping services blog boleh kok ikutan belajar. Waktu dahulu ketika saya mendengar kata ping yang ada dalam pikiran saya bukanlah tentang makanan emping atau nama orang Ko Ping Ho namun ping merupakan suatu cara untuk melihat arus koneksi internet yang terjadi di komputer kita. Yap contohnya saja misalnya mau melihat koneksi localhost (komputer lokal) kita tinggal ketikkan perintah di command prompt berupa :

ping localhost -t (ditambahkan huruf t yang artinya bisa dikatakan terus menerus), atau apabila ingin melihat koneksi komputer kita ke Yahoo.com, tinggal ketikkan saja ping yahoo.com -t sehingga kita dapat melihat seberapa baik koneksi kita yang terjadi antara komputer kita dan target, dan untuk menyudahinya pada command prompt tekan saja "Alt + C" yang akan menyebabkan ping berhenti dan kita pun dapat melihat hasil laporannya...

Namun itu dulu, sekarang ping telah mengalami perluasan kegunaan, ping bukan lagi apa yang telah dijelaskan di atas, namun ping bisa digunakan untuk membantu para webmaster, web designer, web manager dsb dalam mengurus websitenya.

Ping bisa dikatakan adalah suatu cara untuk MELAPORKAN situs yang telah kita update kepada search engine yang ada di dunia, termasuk Google, Yahoo dan Amazon. Jadi setelah seorang webmaster selesai mengupdate websitenya misalnya memasukkan artikel baru maka ping hendaknya dilakukan agar memberitahu search engine bahwa situs kita telah update dan siap untuk di-index (ditangkap atau disaring) kembali ke mesin pencari sehingga website kita atau khususnya artikel yang baru dimasukkan dapat termuat dalam search engine dan dapat dilihat oleh para pengunjung search engine saat melakukan pencarian kata yang berhubungan dengan website kita atau artikel tadi.

Bisa dikatakan "percakapan" antara webmaster dan Google (salah satu mesin pencari) saat melakukan ping adalah sebagai berikut :

Webmaster : Halo Paman Google, saya baru memasukkan artikel terbaru yang judulnya "Ping!", tolong diperiksa ya, and jangan lupa untuk memasukkan artikel ini ke dalam search engine kamu supaya lebih dikenal oleh orang banyak.

Paman Google : Oke, nanti saya cek website kamu.
(beberapa waktu kemudian paman Google melakukan pengecekan kepada website kita).

Paman Google : Iya benar ada artikel baru di sana, baik nanti paman coba masukkan, tapi kamu harus turut juga mempromosikan artikel tersebut, karena semakin banyak yang baca semakin mudah untuk dikenali.

Webmaster : Oke.

Nah seperti itulah gambaran dari ping, sekali lagi fungsi utamanya adalah memberitahukan kepada search engine bahwa website kita telah update. Tulisan yang kita masukkan hendaknya juga merupakan artikel yang menarik yang dapat menarik minat orang untuk membacanya, semakin tulisan tersebut dibaca oleh para pengunjung website kita, maka semakin mudah pula tulisan tersebut ditemukan oleh search engine.

Untuk melakukan ping terdapat beberapa website yang menyediakan service untuk melakukan ping secara gratis, misalnya adalah :

1. Mypagerank.net : http://mypagerank.net pada bagian "Ping Service".
2. Pingomatic : http://pingomatic.com.

Untuk yang lainnya dapat mencarinya di Google.com dengan menggunakan keyword "ping service".
Dengan menggunakan service dari website-website di atas kita dapat melakukan ping ke beberapa search engine sekaligus dengan mudah, sehingga website kita lebih dikenali oleh banyak search engine.

Lalu bagaimana jika kita melakukan ping namun website kita tidak diupdate?
Sesuai dengan "percakapan" antara webmaster dan Paman Google di atas maka bisa dikatakan kita "ngerjain" Google.com atau lebih tepatnya membohongi Google.com, efeknya adalah website kita akan dicap sebagai SPAM yang dapat membuat website kita tidak dimasukkan dalam search enginenya bahkan bisa-bisa listing website yang kita miliki di search engine dikeluarkan dari search engine... weh jangan dech....

Perlu dicatat juga jangan terlalu sering melakukan ping karena bisa juga dianggap sebagai SPAM, misalnya kita memasukkan 5 artikel dalam 1 hari di website kita, nah pingnya cukup 1 kali saja atau 1 kali dalam 2 hari yang penting website kita telah update.

Thanks...

1 komentar:

Kawan Blogger mengatakan...

Untuk Kawan Blogger, saya biasa menggunakan ping di Pingomatic.com secara manual. Tapi untuk blog saya yang WordPress, cukup memanfaatkan fitur yang ada :)

Terimakasih atas tulisannya.

Posting Komentar